Wisata Outbound Malang

Wanawisata Gunung Mujur terdapat di lereng Gunung Arjuna, tidak cuma menyijikan satu tempat wisata outbound malang alam saja. Saat Anda bertandang ke bukit itu ada juga juga akan rasakan unsur wisata religinya.
Gunung Mujur adalah tempat yang begitu direferensikan untuk Anda penggemar tracking, pendakian, dan adventure. Banyak komune sepeda downhill juga memfavoritkan rute Gunung Mujur ini, karna mempunyai ciri-khas dengan sedikit tanjakan serta lebih didominasi turunan yang dinilai pas untuk berlatih downhill.
Gunung Mujur ini banyak didapati beragam bukit yang lain. namun, cuma Gunung Mujur ini saja yang bisa dijangkau dengan gampang. Dari atas bukit dapat nikmati pemandangan lebatnya rimba pinus serta Gunung Arjuna yang pas ada di samping barat daya. Pemandangan Gunung Arjuna dari lembah sampai puncaknya bisa tampak dengan terang bila mujur, di waktu cuaca tengah cerah. Gunung Mujur ini sendiri dengan administratif masuk dalam lokasi Desa Donowarih serta Desa Ngenep di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Letaknya tidak sangat jauh dari Kota Batu, yakni berjarak sekitaran 10 km. saja, atau sekitaran 24 km dari pusat Kota Malang.
Jalur timur dapat juga Anda tempuh dengan mengendarai motor trail. Di sepertiga perjalanan paling akhir sebelumnya masuk rimba pinus, Anda juga akan melalui perkebunan jeruk, apel serta tebu di kanan kiri jalan.
Dari pusat Kecamatan Karangploso. Lewat jalur timur dengan rute Girimoyo, Bocek, Supit Urang hingga Desa Ngenep, persisnya di Dusun Tumpangrejo, sampai basecamp dari komune trail Lereng Mujur, Anda akan meniti saat sekitaran dua jam.
Sesaat bila lewat jalur selatan, Anda mesti lewat Girimoyo, Donowarih serta Tawangargo. Bila menginginkan meniti rute berlainan ini, Anda mesti naik angkutan umum dahulu dari Girimoyo ke Tawangargo, baru lalu meneruskan jalan kaki sepanjang lebih kurang 1, 5 jam menuju Gunung Mujur.
Melalui jalur selatan ini, di perjalanan paling akhir Anda juga akan disajikan dengan lebatnya perkebunan apel. Anda akan temukan satu bangunan megah di dalam perkebunan apel, yaitu peternakan ayam PT. Wonokoyo Joyo Corporido, tbk.
Sebelumnya meniti perjalanan wisata outbound malang menuju ke Gunung Mujur, Anda mesti mempersiapkan perbekalan dari tempat tinggal. Stamina yang kuat juga jadi modal perlu, karna jalan yang juga akan ditempuh cukup jauh serta penuh tanjakan.
Hanya satu sumber air yang ada cuma berada di desa paling akhir sebelumnya masuk rimba pinus, itu juga bila Anda lewat jalur timur. Bila menginginkan cepat hingga ke puncak, dianjurkan memakai sepeda motor trail yang dapat dibawa hingga ke puncak Gunung Mujur seperti yang umum dikerjakan banyaknya komune trail.
Alam Gunung Mujur sangat menarik untuk dieksplorasi. Banyak tracker yang menelusuri rimba pinus yang masih tetap alami, terlebih pada hari Minggu atau hari libur. Karna ruang bukit ini tidaklah terlalu luas jadi Anda mesti sharing tempat dengan mereka dengan bijak.
Gunung yang tingginya cuma sekitaran 645 mtr. dari kaki bukit ini tidak cuma menghidangkan keindahan alam, tapi juga jadi obyek wisata religi. Hal semacam ini tidak terlepas dari kehadiran dua buah makam serta satu bangunan candi yang ada di puncak Gunung Mujur.
Untuk menuju ke puncak petilasan yang konon adalah makam Ki Ageng Kerto Raharjo serta satu sekali lagi makam yang tidak di ketahui penghuninya ini, Anda mesti menaiki anak tangga yang panjangnya menjangkau 100 mtr..
Makam ini cukup unik, karna walau letaknya tidak berjauhan, tapi yang satu membujur dari utara ke selatan, sedang satunya dari timur ke barat. Diluar itu, di bagian utara petilasan ini ada Candi Telih yang namanya cukup asing di telinga. Petilasan ini masuk ke lokasi Desa Tamanharjo. Beberapa orang mengatakan tempat ini jadi Padepokan Gunung Mujur.
Petilasan itu paling ramai dikunjungi saat malam Jumat Legi. Konon, siapapun yang mencari barokah sepanjang tujuh kali berturut-turut pada setiap malam Jumat Legi, hajatnya juga akan dipenuhi dikunjungi warga sekitaran. Bahkan juga, ada beberapa orang dari luar daerah yang ikhlas jauh-jauh datang untuk berziarah. Diluar itu, umumnya dari pengunjung itu umumnya punya maksud untuk memperoleh barokah keselamatan, penglarisan, serta ketenteraman keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *