Tempat Outbound Di malang

Sebenarnya sangat banyak sekali bermacam-macam kegiatan adventure yang kita ketahui dan kita kenal dengan baik namun kali ini kita akan membahas 2 jalur kegiatan adventure yang sangat berbeda baik dari lokasi dan peralatan yang dibutuhkan,namun masih sering kita temukan dalam sebuah paket perjalanan adventure challenge yaitu Outbound yang berhubungan dengan lokasi dan  tempat outbound di malang Dan Arung jeram atau Rafting yang berhubungan dengan anak sungai dan arus sungai.

OUTBOUND

Seperti dalam sebuah kesatuan sebuah wahana permainan outbound selalu identik dengan beberapa wahana kegiatan dan yang terbilang cukup berbahaya namun sangat menantang karena dengan semakin banyak resiko semakin membuat banyak pecinta petualangan semakin menginginkannya asalkan dengan prosedur dan standart keamanan semua akan aman dan baik

-baik saja seperti contoh permainan high rope, tingkat kemiringan,style dimensi, dan tingkat adrenaline peserta yang diuji dalam beberapa tahapan dan tingkatan dan disesuaikan dengan standart high rope pada setiap kelasnya.

Berdasarkan hal tersebut yang lebih mengarah kepada aspek universal yaitu keamanan dan  keselamatan maka ditetapkanlah sebuah standart keamanan dalam sebuah wahana permainan outbound meliputi tempat outbound di malang,standart peralatan keselamatan yang sesuai dan identik dengan helm,body protector,tali seling baja dengan kapasitas yang sesuai,tandem pulley,carabiner dll.

  1. Full Body Harness.

Sedikit anjuran pilihlah harness yang bagus. Agar peserta outbound training anda merasa aman dan nyaman,terdapat berbagai jenis dan bermacam-macam peralatan harness yang tersedia di pasaran.dilihat dari kualitas dan dari produk lokal sampai produk import bermerk seperti:

A.PETZL

B.CAMP

C.BEAL

Gunakanlah helm selalu apabila anda melakukan kegiatan high rope karena helem sangatlah vital sebagai pengaman dari kepala yang melindungi organ penting manusia.

  1. Figur Of  Eight.

Digunakan biasanya untuk melakukan pengereman dan sangat diperlukan karena berhubungan dengan aspek yang penting

Fungsi carabiner adalah sebagai pengaman yang menghubungkan anda dengan tali Carilah carabiner yang berkualitas benar-benar bagus serta kuat untuk menjamin keselamatan anda.

Bisa berfungsi sebagai pengganti harness dan dapat digunakan sebagai pengaman.

  1. Sling Baja.

Dalam kegiatan high rope sling baja sangatlah penting di mana kekuatan dan media yang kokoh dan penting sebagai penopang lancarnya kegiatan high rope.Sling baja juga banyak macamnya. Untuk kegiatan high rope seperti Flying fox digunakan sling baja yang besarnya minimal 10 mm dan berjumlah 2 sling dimana 1 sling sebagai tali titian utama sementara sling ke 2 sebagai sling pengaman untuk keselamatan.

Alat yang digunakan sebagai pengunci/pengikat untuk penggunaan sling baja sebagai landasan dan media.

  1. Pulley Tandem.

Adalah alat pelengkap untuk kegiatan flying fox. Pulley digunakan untuk meluncurkan peserta outbound menggunakan sling baja.

  1. Carmantel Dynamic.

Adalah sebuah tali yang memiliki kekuatan beban ningga 2 ton dan memiliki daya kelenturan sampai 30% .biasa dipakai untuk repeling,tali pengaman,maupun sebagai tali utama.

Adalah alat yang digunakan untuk mempermudah dan membantu apabila ingin memanjat/turun lokasi high rope dengan menggunakan tali.

  1. Tali Kuralon.

Digunakan sebagai tali pendukung.Untuk pada aspek pengereman,dll

RAFTING

Sungai juga bisa jadi alternatif destinasi wisata air adventure,cocok buat yang sudah bosan dengan pemandangan di pantai. Wilayah geografis Indonesia yang memiliki banyak pegunungan mencipta keunikan tersendiri. Salah satunya adanya sungai-sungai dengan kecepatan arus berbeda-beda. Dikelilingi pemandangan indah di sekitarnya, Anda tentu akan merasa enggan beranjak saat sudah beraktifitas disana. sejenis olahraga air yang dilakukan dengan berkelompok mendayung perahu untuk menyusuri sungai.

Berbeda dengan training outbound malang maupun tempat outbound di malang,dalam sebuah perjalanan pengarungan arung jeram atau batu rafting anda tidaklah hanya sekedar mengikuti arus. Tetapi juga dituntut untuk bisa bekerja sama dengan awak perahu yang lain dimana kekompakan dalam sebuah team sangat diuji. Pengetahuan dan ketrampilan mendayung juga diperlukan agar bisa mencapai titik finish dengan sukses dan berhasil selamat sepenuhnya.

  • Perahu yang digunakan dalam berarung jeram ada berbagai jenis dan berbagai bentuk, serta dengan berbagai kekuatan yang berbeda pula seperti tercermin dalam keterangan di tiap merk yang banyak dipakai. Umumnya perahu terbuat dari bahan hypalon, polyster nylon, dan PVC (polyvinil chloride). Perahu terbagi atas dua golongan :
  1. Non self Bailing

Perahu ini tidak dilengkapi lubang – lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk dalam perahu akan menggenang pada lantai perahu. Karena itu, perahu jenis ini harus dilengkapi dengan ember untuk membuang air.

  1. Self Bailing
  • Pelampung (float)

Berfungsi membantu awak perahu dalam keamanannya. Karena pelampung akan membantu awak perahu yang jatuh ke air untuk terapung ke permukaan. Fungsi sekundernya adalah sebagai body protector terhadap benturan baik rintangan sungai maupun dayung sesama awak perahu.

  • Helm (helmet)

Fungsi helm untuk melindungi kepala awak perahu apabila kepalanya terbentur benda keras.

  • Dayung (paddle)

Ada beberapa jenis dayung yang biasa digunakan untuk arung jeram: dayung dari kayu, aluminium dan plastik, fiber glass.dsb

Sifat – sifat dari dayung tersebut adalah :

  1. Dayung kayu lebih berat dan kekuatannya kurang dibandingkan yang lain.
  2. Dayung fiber glass cukup ringan tetapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam, bisa melukai orang disekitarnya.Dayung aluminium dan plastik cukup ringan, terapung di air dan lebih kuat dari dayung lainnya. Paling banyak digunakan oleh para operator arung jeram.
  • Alat Navigasi

Alat navigasi seperti peta, kompas, protaktor dsb sangat berguna dalam pengarungan yaitu membantu untuk mengetahui medan sungai yang sedang atau akan diarungi, mengetahui gradien sungai, serta kondisi medan yang lain.

  • Tali Lempar (Throw bag)

Peralatan berupa tali mantel yang dikaitkan dengan tas kecil. Berfungsi untuk rescue.

  • Logistik

Persediaan makanan untuk pengarungan juga penting. Diutamakan yang praktis dan banyak mengandung kalori.

  • Rescue kit

Satu rangkaian standar penyelamatan.

  • Pompa (Pump)

Pompa yang digunakan untuk mengisi udara harus selalu dibawa selama pengarungan untuk menjaga apabila udara dalam perahu berkurang. Ada dua jenis pompa yaitu pompa tangan dan pompa injak.

  • Tas kedap air (Dry bag)

Biasanya dikaitkan di bantalan perahu. Tas ini juga digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak boleh basah, seperti repair kit, P3K, kamera, dompet, dsb.

  • Jam tangan

untuk mengetahui waktu saat pengarugan

  • Peluit

Berfungsi sebagai alat komunikasi saat pengarungan

  • PPPK Kit

Diperuntukan bagi yang mempunyai penyakit pribadi, misal migrain, maag, dsb

  • Repair kit

Adalah peralatan untuk memperbaiki perahu. Peralatan ini sangat penting dibawa dalam pengarungan, terutama dalam ekspedisi. Biasanya berupa peralatan untuk menambal perahu tempat outbound di malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *